Rabu, 08 Juni 2016

LDKS SERU DI SMA TRISILA


LDKS merupakan salah satu sarana bagi para siswa untuk menumbuhkan rasa kepemimpinan yang ada disetiap diri siswa. Kegiatan  LDKS biasanya  hanya diikuti oleh para calon anggota OSIS dan juga MPK. Namun SMA Trisila membuat gebrakan baru yang wajib untuk dicontoh oleh sekolah – sekolah yang lain. Gebrakan itu adalah???? Seluruh siswa baru sma trisila wajib untuk ikut LDKS, jadi artinya seluruh siswa kelas X SMA TRISILA wajib untuk mengikuti kegiatan LDKS. Mengapa demikian??? Karena menurut salah satu anggota OSIS yang merupakan panitia penyelengara kegiatan ini menyatakan bahwa sebenarnya rasa kepemimpinan tidak hanya dibutuhkan oleh meraka yang akan menjadi calon anggota atau calon petinggi OSIS. Tapi rasa kepemimpinan itu juga harus dimiliki setiap orang, karena sebelum seseorang itu memimpin suatu organisasi terlebih dahulu seseorang harus bisa minimal memimpin diri sendiri. Bagus sekali bukan gagasan yang dimiliki oleh salah satu anggota OSIS ini. Lalu mengapa ya LDKSnya dilakukan di halaman sekolah??? bukanya seharusnya LDKS itu dilakukan di alam terbuka??? Nah untuk hal  itu para dewan guru yang sangat mendukung terselengaranya acara tersebut mengatakan bahwa, sebenarnya LDKS itu tidak harus dialam terbuka melainkan yang terpenting yaitu bisa membentuk karakter siswa yang lebih bertanggung jawab. Nah itu dia yang beda diLDKS SMA Trisila.   

Walaupun LDKS SMA Trisila dilakukan di dalam sekolah tetapi tidak sedikitpun mengurangi materi ataupun mengurangi manfaat dari ldks itu sendiri. Kok bias ya??? Petama, LDKS SMA Trisila dilakukan di dalam sekolah alis di lapangan sekoalh sehingga siswa lebih bisa mengenali dan mencintai lingkungan sendiri. Kedua, walaupun menggunakan lapangan sekolah peserta tetap tidur dalam tenda dan yang bikin bedan tenda yang akan didirikan bukan tenda kecil yang hanya digunakan oleh beberapa anak tapi tenda yang digunakan tenda jumbo ala TNI 12x6M, jadi ketika mendirikan tenda sangat membutuhkan ketekompakan dan kerjasama semua peerta LDKS. Ketiga, yang menjadi nilai plus yaitu yang menjadi tentor LDKS kali ini yaitu dari anggota TNI yang professional dalam bidangnya, sehingga kedisiplinan sangat dijunjung tinggi  dalam kegiatan ini.
Kegiatan seru ala LDKS SMA Trisila

Yuk kita intip kegiatan apa saja yang ada di LDKS SMA Trisila. Kegiatan LDKS dimulai dengan pembukaan dan pendirian tenda jumbo ala TNI sehingga yang mendirikan tenda ini bukan hanya satu atau dua anak saja, namun dilakukan oleh seluruh peserta LDKS sehingga dapat melatih kerjasama dan kekompakan para peserta jika tidak maka tenda tersebut tidak akan bisa berdiri.

Dari gambar diatas terlihat keseriusan semua peserta LDKS dalam upaya mendirikan tenda dipandu oleh guru pembimbing LDKS.

walaupun capek namun semangat untuk mendirikan tenda jumbo tak tergoyahkan.

setelah tenda jadi, tenda digunakan para peserta untuk belajar atau mendengarkan materi yang diberikan oleh guru pembimbing.


kemudian dilanjutkan dengan materi PBB dan mengapai mimpi atau cita-cita dalam kegiatan ini para peserta diminta untuk menulis harapan dan cita-cita mereka serta bagai mana cara mewujudkan cita-cita tersebut. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan semua  peserta maengetahui dengan jelas masa depan yang akan mereka hadapi nanti.  Yang tak boleh ketinggalan di dalam kegiatan luar sekolah yaitu api ungun.  Bisa??? Bisa donk!! Api unggun tetap membara dan menyalah dengan gagah di halaman trisila. Selain menikmati api unggun yang sedang menyala  para peserta juga melakukan atraksi dan menampikan kreatifitas yang sudah dibuat oleh semua kelompok setelah itu acara yang tak kalah serunya yaitu jerit malam yang melatih keberanian mereka melawan gelap gulita.
Acara pagi harinya diawali dengan sholat berjamaah dan senam pagi. Yang seru yaitu senam pagi tidak dilakukan di  halaman sekolah sma trisila tercinta melaikan di halaman tugu pahlawan yang penuh dengan perjuanagan. Para peserta LDKSdengan kedisiplinan dan kekuatan fisik mereka diminta untuk jalan jongkok dan merayap ala TNI. Setelah kegiatan di tugu pahlawan selesai acara dilanjutkan dengan pembongkaran tenda jumbo yang sudah berbaik hati berdiri tegap melindungi para peserta dari dinginnya malam. Tentu saja pembongkaran tenda juga tidak biasa dilakukan sendiri. 

para peserta LDKS membongkar tenda yang telah dibuat. satu demi satu tiang penyangah nan kokoh di robohkan satu persatu.


Setelah itu dilanjutkan materi kepemimpinan, kedisiplinan, tata karma dan game education yang sangat dibutuhkan oleh para peserta LDKS setelah semua selesai baru lah kegiatan LDKS ditutup dengan upacara penutupan. Nah itu dia LDKS ala SMA Trisila, , seru bukan?????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar